Game Teknologi
Game teknologi merupakan suatu istilah untuk mengartikan perkembangan game saat ini. Bila kita lihat ke belakang, dahulu game memiliki tujuan hanya sekedar sebagai sarana hiburan, namun kini game dapat dijadikan sebagai sarana edukatif yang lebih bermanfaat bagi para penikmatnya. Oleh sebab itu para pembuatan game saat ini akan lebih mengedepankan teknologi yang digunakan agar game yang telah dibuat dapat bersaing dipasaran.
Dengan kata lain, game teknologi adalah game yang dibuat dengan segala keunggulan teknologi, baik dari segi kualitas gambar, suara maupun jalan cerita. Game teknologi pun tidak hanya memiliki tujuan sebagai sarana hiburan semata, tetapi game teknologi dapat lebih merangkul segala jenis tujuan para pemainnya. Baik tujuan edukatif maupun inspiratif.
Game juga ” merupakan “permainan” dimana maksud permainan tersebut lebih merujuk sebagai “kelincahan intelektual atau intellectual playability”. Game sendiri diartikan sebagai arena keputusan untuk player atau pemain beraksi, dimana ada target-target yang harus dicapai. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama. Sedangkan “Teknologi” adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai dikenal sebelum sains dan teknik. Jadi “Game teknologi” adalah suatu aktivitas untuk bersenang-senang yang menggunakan pengembangan dari mesin alat dan lain-lain.
Teknologi yang digunakan dalam Pembuatan Game
Sudah dapat dipastikan bahwa dasar teknologi dalam pembuatan game berkualitas yaitu aplikasi yang digunakan dalam pembuatan sebuah game. Baik itu aplikasi pembuat karakter maupun aplikasi pembuiatan sound effect. Namun, di antara itu semua ada hal yang jauh lebih penting, yaitu programming. Pemilihan bahasa programming dapat mempengaruhi kualitas pergerakan game maupun keluesan game tersebut. Terkadang kecacatan program game biasa kita sebut dengan "bug".
Script game dapat ditulis dengan mengunakan bahasa pemrograman seperti Visual Basic, C, C++, Java, Delphi, Phyton, dan lain sebagainya.
Di sisi lain kualitas game juga ditentukan oleh teknologi hardware atau software yang digunakan oleh para pemainnya. Seperti dukungan processor, VGA card, RAM, dan lain sebagainya. Dan software pendukung seperti OS.
Perlu diingat bahwa ada beberapa game yang diperlukan plugin untuk dapat memainkannya. Seperti flash player atau Java runtime.
Adapun teknologi yang digunakan untuk pembuatan game adalah:
Game Maker
Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan.Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic ,simulation,dll.Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program ini. Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana. dan untuk script yang digunakan biasanya GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker)
RPG Maker
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game). Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit. Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang –orang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin. Script yang digunakan adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2. RPG Maker Full Version, situs:
http://www.evancode.com/
AGS( Adventure Game Studio)
AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan mengalahkan game console “Atari”, ketika awal kebangkitan game PC.Contoh –contoh game bertipe point and click adalah:
Clock Tower ( playstation one), Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle.Jadi bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.
Macromedia Flash (Sekarang Adobe Flash)
Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang program yang satu ini. Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini. Sebab program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat.
3D Game Studio
Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game. Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll . Jadi bila anda sudah mengerti tentang dasar dari membuat game, mungkin anda dapat mencoba program ini.
Dalam 3D Game Studio terdapat 3 program utama,yaitu:
-MED (Model Editor) – Program yang berfungsi sebagai editor model bagi 3D Game Studio
-SED (Script Editor) – Sebagai pengolah script dalam 3D Game Studio,script standar yang dipakai adalah C-Script dan Lite C.
-WED (Level Editor) – Sebagai pengolah level/area permainan bagi 3D Game Studio.
Itu adalah sedikit dari sekian banyaknya program yang dapat anda gunakan untuk membantu membuat suatu Game.
Tahapan Pembuatan Sebuah Game
- Menentukan Genre Permainan
Pertama pikirkan jenis game yang ingin Anda bikin, apakah berjenis, RPG(Role Playing Game) , FPS(First Person Shooter) ,SPS(Second Person Shooter) , Arcade , Fighting , Racing , atau RTS(Real Time Strategy) , Penentuan genre ini bertujuan agar sipembuat game bisa menentukan karakter atau cara permainan yang akan dibuat, Disarankan pilihlah jenis game yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki ,mudah dan cepat dalam pembuatannya.
- Menentukan Tools yang akan digunakan
Ini bagian yang terpenting, dengan apakah Anda ingin membuat game tersebut, biasanya game dibuat dengan bahasa pemograman, jika Anda adalah seorang programer maka Anda bisa membuat game dengan bahasa pemograman yang Anda kuasai, tetapi jika Anda adalah orang yang belum begitu menguasai atau sama sekali tidak mengetahui tentang dunia pemograman maka jangan berkecil hati dan jangan menganggap bahwa membuat game dizaman sekarang masih susah, banyak sekali software yang khusus dibuat untuk membuat game dengan genre tertentu, ada software yang menggunakan bahasa pemograman dalam pembuatan game atau sama sekali tidak membutuhkan pemograman dalam pembuatannya, sehingga Anda hanya perlu menggunakan mouse untuk mengatur jalannya game, karakter jagoan, musuh dan beberapa komponen game lainnya, software untuk membuat game sangat membantu Anda dalam membuat sebuah game.
- Menentukan Game Play Permainan
Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, misiion sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus Anda tentukan, misal dalam sistem save Anda hanya akan membuat pemain bisa mensave permainan jika jagoannya sudah menuju kesebuah lokasi, kemudian ketika meload karakter jagoan akan kembali ketempat area save, atau ketika dalam menu pemain hanya akan mendapat pilihan menu play game, load game, credit dan quit, Semua sistem yang digunakan dalam game disebut dengan gameplay. Sebisa mungkin buatlah gameplay game Anda enak untuk dimainkan dan tidak menyulitkan pemain sehingga pemain akan nyaman ketika memainkan game Anda.

Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang Anda anggap paling mudah digunakan.
- Menentukan Suara Latar dalam Game
Tanpa suara akan membuat game Anda kehilangan nilainya, karena itulah pilih suara yang ingin digunakan dalam permainan. Pilihan suara latar bisa Anda bagi-bagi menjadi beberapa bagian seperti bagian main menu, save menu, load menu, shoot, dead, mission sukses, mission failed, loading dan bagian-bagian lainnya, pemilihan suara yang digunakan harus seirama dengan bagiannya. Kemudian pilih software yang ingin Anda gunakan untuk membuat atau mengedit suara yang akan digunakan dalam game tersebut.
- Melakukan Perencanaan Waktu
Maksudnya dengan perencanaan wakt,anda akan bebas melakukan hal lainnya karena perasaan Anda tidak lagi terganggu dengan game yang belum selesai dibuat, kemudian ketika waktu pembuatan game sudah tiba Anda akan membuat game sesuai dengan urutan waktu yang sudah Anda tentukan sehingga Anda tidak bingung bagian game mana yang belum selesai dikerjakan dan yang sudah selesai dikerjakan. Perencanaan waktu pembuatan sangat baik untuk dilakukan.
Setelah itu lakukan pembuatan game karena semua komponen yang Anda perlukan sudah disiapkan dari awal, lakukan proses pembuatan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, tidak ada salahnya Anda meminta pertolongan orang lain sehingga akan mempercepat proses pembuatan game Anda.
- Melakukan Publishing Game
Hal ini kita lakukan ketika game sudah selesai dibuat,publish game Anda menjadi setup jika game Anda harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi .exe jika game Anda bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, metode mempublish tergantung dengan tool yang Anda gunakan untuk membuat game tersebut.
Profesi Dalam Pembuatan Game
Programmer
Adalah orang membuat script game. Maksudnya adalah orang yang membuat dan memuat script berisi perintah-perintah sehingga game dapat berjalan semestiny. Seperti menggerakkan aktor, memainkan suara dan lain-lain.
Disain artis
Adalah orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan aktor di dalam sebuah game. Baik dari tampilan fisik maupun dari sifat si aktor tersebut.
Disain game
Adalah orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan latar belakang game. Seperti jalan cerita, penokohan, maupun latar game tersebut.
Disain Audio
Adalah orang yang bertanggung jawab dalam membuat audio atau suara yang digunakan dalam game. Seperti suara efek, suara tokoh, maupun soundtrack.
Produksi
Adalah orang yang bertanggung jawab dalam membuat menjadikan game tersebut secara utuh serta memproduksinya dalam jumlah besar.
Bisnis dan Marketing
Adalah orang yang bertangguung jawab dalam pemasaran sebuah game. Mulai dari promosi, pencarian sponsor sampai dengan perhitungan rugi laba.
REFERENSI
http://witanduty.wordpress.com/6/
http://bahaskomputer.blogspot.com/2009/05/tahap-pembuatan-game.html
http://coreflood.wordpress.com/2010/02/22/game-teknologi/
http://www.gamedevid.org/forum/archive/index.php?t-6908.html
http://exogenesisanthem.ngeblogs.com/2010/02/23/teknologi-game/
http://hikarunamie.wordpress.com/2010/02/12/perkembangan-teknologi-game/
http://google.com/
http://wikipedia.org/
0 komentar:
Posting Komentar